Lowongan Kerja PT PLN (BUMN)


PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. PLN adalah perusahaan penyedia jasa kelistrikan terbesar di Indonesia, dengan visi untuk "Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Berkembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani" dan PT PLN (Persero) berkomitmen untuk melistriki seluruh Nusantara.

Berawal di akhir abad ke-19, pengembangan kelistrikan di Indonesia mulai ditingkatkan saat beberapa perusahaan asal Belanda yang bergerak di bidang pabrik gula dan baprik teh mendirikan pembangkit listrik untuk keperluan mereka sendiri. Sekitar tahun 1942-1945 terjadi peralihan pengelolaan perusahaan-perusahaan Belanda oleh Jepang, setelah Belanda menyerah kepada Jepang di awal Perang Dunia II.

Peralihan kekuasaan kembali terjadi saat Perang Dunia II sudah berakhir pada Agustus 1945, di saat Jepang menyerah kepada Sekutu. Para pemuda dan buruh listrik memanfaatkan situasi ini melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas. Mereka bersama-sama dengan Pimpinan KNI Pusat untuk menghadap presiden Soekarno agar Jepang menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan pengembangan jaringan dunia bisnis pada tahun 2016 dan untuk pencapainan dan mewujudkan tujuan dari PLN sebagaimana yang telah ditetapkan dalam visi dan misi perusahaan. Maka dari itu PT PLN kembali membuka kesempatan berkarir untuk memenuhi kebutuhan sumber daya dan dunia usaha.



PENERIMAAN PEGAWAI PT PLN (PERSERO) TINGKAT PELAKSANA (SMA/SEDERAJAT DAN SMK) TAHUN 2016

Bidang Operator / Teknisi (Kode: OPT)

  • Diutamakan Pria
  • SMA/Sederajat Jurusan IPA
  • SMK Jurusan Elektro/Listrik/Mekatronika

Bidang Administrasi (Kode: ADM)

  • Pria dan Wanita
  • Lulusan SMK Jurusan Administrasi

WAKTU PENDAFTARAN: 02 – 30 April 2016

PERSYARATAN
  • Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Diklat Prajabatan
  • Kelahiran Tahun 1996 dan setelahnya
  • Sudah berumur 17 Tahun pada Bulan Agustus 2016
  • Nilai rata_rata Raport minimal 6,5 (nilai rata_rata dari kelas 10 s/d Kelas 12)
  • Bagi peserta yang sudah lulus, Memiliki Ijazah SMA/Sederajat IPA atau SMK jurusan Elektro / Listrik / Mekatronika
  • Bagi peserta siswa kelas 12, Bagi Peserta Tahun Aiaran 2016 dan belum memiliki ijazah, maka nilal rata-rata raport minimal 6,5 (nilai rata-rata deri kelas 10 semester 1 s/d kelas 12 semester 1)
  • Jika peserta tidak lulus Ujian Nasional tahun 2016, maka peserta dinyatakan gugur.
  • Telah Lulus dan memiliki Ijazah SMK jurusan Administrasi
  • Tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya

KELENGKAPAN BERKAS
  • Surat lamaran
  • Riwayat hidup (CV)
  • Copy Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang dilegalisir (bagi peserta dari kelas 12, copy ijazah yang dilegalisir diserahkan pada saat tahap akhir seleksi)
  • Copy raport semester 5 yang dilegalisir (bagi peserta kelas 12)
  • Copy Akte Kelahiran/ surat keterangan lahir yang dilegalisir
  • Copy KTP 
  • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar
  • Surat pernyataan diatas materai 6000 yang menyatakan bahwa (dapat didownload di sini):
  • Tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya dan tidak terlibat tindakan kriminal
  • Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti diklat prajabatan
  • Tidak terikat kerja dengan institusi lain
  • Seluruh berkas lamaran agar dimasukkan ke dalam map dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Untuk peserta yang sudah lulus menggunakan map warna BIRU
    • Untuk peserta dari kelas 12 menggunakan map warna MERAH
  • Pada map tersebut, tuliskan nama dan kode posisi jabatan. Kemudian masukkan map kedalam amplop cokelat.Tuliskan pada amplop tersebut “REKRUTMEN TAHAP PELAKSANA JATENG” beserta NAMA (KODE POSISI JABATAN)
  • * Contoh: REKRUTMEN TAHAP PELAKSANA JATENG AHMAD (OPT)
  • Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi. Informasi lebih lanjut, tempat dan jadwal seleksi akan diberitahukan kemudian oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah & DI Yogyakarta melalui website http://www.pln.co.id/disjateng/ dan www.ecc.ft.ugm.ac.id 

TAHAPAN SELEKSI* MELIPUTI
  • Seleksi Administrasi
  • Tes Fisik dan Endurance
  • Tes Akademis
  • Psikotes
  • Tes Kesehatan
  • Wawancara
  • *Urutan tahapan seleksi dapat berubah sesuai kebutuhan PT PLN (Persero).


Adapun tata cara yang telah ditetapkan oleh panitia rekruitmen yaitu dengan mengirimkan berkas lamaran melalui pos yang ditujukan kepada:

PT PLN (Persero)
c.q. Kepala Divisi Pengembangan SDM dan Talenta
PO BOX 1001 YKBS YOGYAKARTA 55281
Tutup : April 2016

LAIN-LAIN
  • Peserta yang dinyatakan memenuhi syarat akan diikutkan Diklat Prajabatan, diklat dilaksanakan maksimal 12 bulan dengan status sebagai siswa Diklat Prajabatan
  • Apabila telah lulus Diklat Prajabatan, akan diangkat sebagai Pegawai Tetap dengan wajib menjalani ikatan dinas selama 5 (lima) tahun pertama dan usia pensiun 46 tahun.
  • Keputusan Tim Penerimaan Pegawai tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini.
  • Tidak dipungut biaya apapun selama mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah & DI Yogyakarta
  • Hati-hati terhadap penipuan yang dilakukan dengan mengatasnamakan Pegawai/Pejabat/Tim Rekrutmen PT PLN (Persero) 


Previous
Next Post »
Thanks for your comment